Assalamualaikum Wr.Wb

Ucapkanlah Sebelum Membaca

Ucapkanlah Sebelum Membaca
Penyesalan

Pernahkah kalian membuat suatu kesalahan?

Pernahkah kalian kecewa atas hasil yang tidak kalian capai?

Pernahkah kalian menyesal melakukan sesuatu ?

Saya yakin semua pernah merasakannya. Rasa kecewa, rasa menyesal, sedih karena tidak bisa melakukan sesuatu dengan lebih baik. Menyesal karena telah menyakiti seseorang. Tidak ada yang sempurna memang, semua butuh proses, butuh pengorbanan.

Ya,

Penyesalan selalu datang terlambat.


Memang begitu adanya, di sadari atau tidak, penyesalan selalu datang terlambat. Dan kita selalu berpikir,
kenapa semuanya harus terlambat, kenapa tidak di pikirkan dulu sebelum melakukan sesuatu, kenapa tidak seperti ini tapi malah seperti itu, harusnya seperti ini bukan seperti itu. Beribu pertanyaan yang kadang mencuat di pikiran setelah mengalami suatu kegagalan dan pikiran tersebut sangatlah membuat kita menyesal, dan terus menerus terpikirkan sehingga membuat kita menyesali keadaan.

But, guys

Nobody is perfect. Semua punya kesalahan.

Jika sudah seperti itu ya memang seperti itu adanya. Janganlah kita larut dalam kesedihan dan terus menerus menyesali keadaan. Kita harus bangkit. Memang kita tidak bisa merubah apapun yang sudah terjadi. Yang bisa kita lakukan adalah bagaimana merubah dan melakukan usaha yang kita bisa untuk membuktikan bahwa kita bisa bangkit dari semua penyesalan itu. Jangan pernah berhenti berusaha dan berdoa.

Anything can happen.

And nothing is imposible.

“nothing is imposible” adalah kata-kata mukzizat yang luar biasa. Kalimat itu meyakinkan kita bahwa segala sesuatunya itu bisa terjadi, dan tidak ada yang tidak mungkin di dalam kehidupan ini.

Memang seperti itulah kehidupan. Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi esok hari, lusa, atau pun beberapa tahun yang akan mendatang. Kita tidak akan pernah tahu. Tapi satu hal yang perlu kita tahu, kalau semua yang ada di dunia ini adalah pelajaran. Sekecil apapun itu, hargailah pelajaran yang diberikan untuk kita.

Penyesalan, ada berbagai versi penyesalan dalam hidup. Dan mungkin, penyesalan yang paling besar adalah ketika kita melakukan kesalahan yang sangat sederhana namun berakibat besar untuk orang yang kita sayang. Orang yang kita sayang itu bisa sahabat, pacar, dan juga keluarga. Dan ketika kita sudah melakukan kesalahan kepada orang yang kita sayang, rasa penyesalan itu selalu tidak pernah ada habisnya.

Dari penyesalan tersebut seringkali terpikir untuk bisa diberikan kesempatan satu kali lagi, untuk kita memperbaiki semuanya. Dan tak ingin mengulanginya untu yang kedua kali. Satu hal yang paling menyakitkan adalah jika orang yang kita saying benar-benar kecewa atas pebuatan kita dan memutuskan untuk menjauh. Akan terasa amat menyakitkan dan menyesal saat kita mengetahui jika kondisinya seperti itu.

Dari hal inilah, Jangan pernah menyia-nyiakan kesempatan yang telah diberikan. Sedikitpun. Jangan pernah. Karena sekali kita menyia-nyiakan, kita bisa saja langsung kehilangan segala sesuatu yang telah kita miliki.

Dan ketika kita sudah ada di titik dimana kita sangat menyesal, jangan hanya berbicara, namun berbuatlah sesuatu untuk membuktikan kalau kita ingin dan benar-benar mau memperbaiki semuanya agar bisa menjadi seperti dulu. Namun ada yang harus disadari, segala sesuatu mungkin saja tidak bisa 100% kembali, tapi selama kita diberikan kesempatan, bersabarlah dan terus berusaha untuk buktikan kalau kita memang bisa membuktikannya. Dan sekarang saatnya, sebelum semua terlambat, mulailah untuk menjadi orang yang bisa membahagiakan orang yang kita sayang. Buktikan kalau kita pantas untuk mereka.

Jujur, adalah kunci dari semuanya. Jujur kepada diri sendiri, kepada semua orang, kepada kenyataan..
Berterima kasihlah kepada orang yang telah memberikan kita pelajaran yang sangat berharga akan arti sebuah penyesalan dan kesempatan. Mohon maaf kepada semua yang telah kamu sakiti, dan yakin kalau kita akan berubah, menjadi lebih baik.. :)

Category:  
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response.
0 Responses
Leave a Reply

Di Comment yaa :)